ASESMEN KPKU PT KIW (PERSERO) TAHUN 2016

Sebagai upaya untuk meningkatkan produksititas, efektivitas, efisiensi, pertumbuhan produk, daya saing terhadap berbagai kawasan industry di Indonesia dan untuk keberlangsungan perusahaan, PT KIW (Persero) telah melakukan evaluasi terhadap kesisteman di KIW tahun 2016 pada tanggal 16-21 Januari 2017. Alat atau tools untuk mengevaluasi kinerja system sehingga dapat dipetakan kelemahan dan kelebihan KIW adalah Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) BUMN. Hal ini sejalan dengan program Kementerian BUMN, yaitu agar BUMN melaksanakan Asesmen KPKU. Sebagai tindak lanjut Kementerian BUMN telah mengeluarkan surat  Nomor : S-445/D.7.MBU/10/2016 perihal Pelaksanaan Asesmen KPKU BUMN tahun 2016 mulai bulan November 2016 s/d Januari 2017 dan Nomor : S-496/D7.MBU/11/2016 perihal penyampaian jadwal pelaksanaan asesmen Implementasi KPKU BUMN tahun 2016. Pelaksanaan asesmen dilakukan dengan adanya kerjasama kementerian BUMN dengan Forum Excelent BUMN (FEB) sebagai penjamin kualitas hasil asesmen.

KIW melaksanakan asesmen dengan melibatkan 4 asesor/evaluator internal, 1 asesor/evaluator eksternal (sebagai lead  evaluator),  dan 1 asisten asesor serta beberapa counterpart yang mewakili tiap-tiap bagian. Sebagai dasar Pelaksanaan KPKU yaitu dengan terbitnya surat tugas Nomor : 01/ST/PT.KIW/1/2017 yang tujukan kepada Pratiknya,  Agus Santosa, Dwi Ardianto dan Edy Suryono, untuk melaksanakan tugas asesmen KPKU di KIW. Jadwal KPKU dimulai pada tanggal 16 s/d 21 Januari 2017, terdiri dari 2 tahapan, yaitu 2 hari Ondesk dan 5 hari Site Visite dipimpin oleh Agus Wahyudi Lead  Evaluator.

Dalam Opening Meeting yang dilaksanakan di Ruang Rapat Wijayakusuma I gedung A PT KIW (Persero), Mohamad Djajadi Direktur Utama PT KIW (Persero) secara resmi membuka pelaksanaan evaluasi KPKU. Arahan Dirut, agar asesmen  dilaksanakan secara sungguh-sungguh dan obyektif sehingga benar-benar dapat memotret/memetakan KIW agar dapat dijadikan dasar dalam melakukan perbaikan-perbaikan kesisteman di KIW.

Closing Meeting KPKU tahun 2016 yang dilaksanakan di tempat yang sama Direktur Utama PT KIW (Persero) memberikan arahan bahwa KIW tidak mempermasalahkan nilai asesmen, tetapi hasil asesmen KPKU PT KIW (Persero) yang menunjukan kelemahan-kelemahan KIW agar ditindak lanjuti oleh seluruh bagian. Akhir kata Dirut mengucapkan terima kasih kepada Tim KPKU yang telah bekerja keras selama 1 minggu dan sekaligus menutup kegiatan asesmen.

DSC_0313DSC_0317IMG-20170118-WA0019

This entry was posted in News.