Kunjungan Kerja DPRD Kota Semarang di KIW

Kunjungan Kerja DPRD Kota Semarang yang dipimpin oleh Ketua Badan Legislasi DPRD Kota Semarang Suharsono yang didampingi oleh Ketua Bappeda Kota Semarang, Ketua BLH Kota Semarang, Ketua Kantor Pertanahan Kota Semarang dan Bagian Hukum Setda Kota Semarang hari Rabu 29 Juli 2015 tiba dikantor pukul 13.00 WIB dan diterima langsung oleh Mohamad Djajadi Direktur Utama PT KIW (Persero) Semarang.

Agenda kunjungan kerja DPRD Kota Semarang tersebut salah satunya adalah Rapat Kerja Panitia Khusus guna untuk menyelesaikan pembahasan rancangan peraturan daerah (Raperda) serta Peninjauan Lapangan ke PT Kawasan Industri Wijayakusuma (Persero) dan Kawasan Industri Candi berkenaan dengan tugas DPRD Kota Semarang tentang Pansus Raperda “Penyediaan, penyerahan, dan pengelolaan Prasarana dan Sarana, Utilitas Kawasan Perumahan, Kawasan Perdagangan dan Jasa serta Kawasan Industri”.

Dalam paparannya Suharsono menyampaikan Raperda ini merupakan rancangan peraturan yang akan dituntaskan pada tahun 2015. Sedangkan Dirut PT KIW (Persero) dalam kesempatan itu menyambut dengan senang hati mendapat kunjungan kerja dari Komisi C. Beliau  menjelaskan secara rinci mengenai konsep Kawasan Industri dan komposisi kepemilikan saham PT KIW.

Kawasan Industri adalah suatu Daerah Kawasan Industri yang didominasi oleh aktifitas industri dan Kawasan Industri memiliki fasilitas maupun sarana dan prasarana umum dan prasarana sosial. Adapun kepemilikan saham PT KIW (Persero) terdiri dari Pemerintah Pusat 51, 09 %, Pemerintah Daerah Tinkat I Jawa Tengah 40,39 dan Pemerintah Kabupaten Cilacap 8,52%.

Dari hasil diskusi bahwa sesuai dengan Perda No 1 / 2012 tentang Rencana Tata Ruang dan Tata Wilayah (RT/RW) bahwa Industri Besar  harus masuk lokasi Kawasan Industri. Kemudian Pansus tersebut dibentuk agar dapat meminimalisir dampak negatif terhadap lingkungan sesuai dengan yang di amanahkan pada UU No 5 tahun 1984 tentang Perindustrian, UU No 3 tahun 2014 tentang Perindustrian, Peraturan Pemerintah RI No 24 tahun 2009 tentang Kawasan Industri serta Pedoman Teknis tentang Kawasan Industri.

This entry was posted in News.