Peran Aktif PT KIW dalam Memberdayaan Masyarakat melalui PKBL

Salah satu Agenda yang dibahas dalam sosialisasi tersebut adalah Peraturan Menteri BUMN terbaru  Nomor Per-07/MBU/05/2015 yaitu tentang Program Kemitraan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) perarturan tersebut  sebagai  dasar hukum Program Kemitraan dan  Bina Lingkungan (PKBL). Didalam  Pasal 2 ayat (2) huruf f PP No. 3 Tahun 1983. Dalam Peraturan Pemerintah ini menyebutkan bahwa salah satu tujuannya adalah :

Turut aktif memberikan bimbingan kegiatan kepada sektor swasta, khususnya pengusaha golongan ekonomi lemah dan sektor koperasi “.

Dan acuanya adalah memberikan dukungan terhadap pengembangan usaha kecil dan menengah.

UU No. 19 Tahun 2003 tentang BUMN

Pasal 2 ayat (1) huruf e

Turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah, koperasi, dan masyarakat”

Pasal 88

BUMN dapat menyisihkan sebagian laba bersihnya untuk keperluan pembinaan usaha kecil/koperasi serta pembinaan masyarakat sekitar BUMN.”

Saat ini, pelaksanaan PKBL BUMN mengacu pada  : Peraturan Menteri BUMN Nomor : PER-07/MBU/05/2015 tanggal 22 Mei 2015 yang mencabut : PER-05/MBU/2007, PER-20/MBU/2012, PER-05/MBU/2013, PER-07/MBU/2013, PER-08/MBU/2013, dan Surat Deputi Bidang Restrukturisasi dan Perencanaan Strategis BUMN Nomor: S-92/D5.MBU/2013 tanggal 3 April 2013.

Ruang Lingkup Bantuan Program Bina Lingkungan

Bantuan korban bencana alam, Bantuan pendidikan dan/atau pelatihan, Bantuan peningkatan kesehatan,  Bantuan pengembangan prasarana dan/atau sarana umum, bantuan sarana ibadah, bantuan pelestarian alam dan bantuan sosial kemasyarakatan dalam rangka pengentasan kemiskinan.

Dalam rangka tanggung jawab sosial PT KIW (Persero) terhadap  masyarakat sekitar dengan berbagai bantuan yang telah disalurkan  diharapkan bisa  memberi dampak positif. Bagi para pelaku usaha terus selalu berinovasi dalam membangun usahannya sehingga lapangan pekerjaan baru akan tercipta, sehingga kehidupan masyarakat yang  sejahtera akan dapat diwujudkan.

Pelaksanaan penyaluran Bantuan PKBL PT KIW tahun 2015 meliputi rehap 3 unit rumah yang tidak layak huni di wilayah RW 01  Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Tugu, Kota Semarang serta membatu perbaikan sarana dan prasarana  Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Tengah  atau Lemdikada Candrabirawa lokasi di Karang Geneng, Gunung Pati Semarang.

This entry was posted in News.