Sosialisasi dan Pendataan Alat Berat di Lingkungan PT KIW (Persero)

Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah (Dinas PPAD) melakukan sosialisasi dan pendataan alat-alat berat di Ruang Rapat Wijayakusuma I Gedung A Kantor Pemasaran Kawasan Industri Wijayakusuma hari Selasa, 11 Agustus 2015  yang dihadiri oleh Hendri Santosa Kepala Dinas PPAD Provinsi Jawa Tengah, Agus Santosa dari  unsur Management KIW serta  para  Pimpinan Perusahaan di Lingkungan Kawasan Indusatri Wijayakusuma.

Agenda tersebut membahas peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah No 2 Tahun 2011 tentang pajak Daerah Provinsi Jawa Tengah dalam rangka optimalisasi penerimaan pajak kendaraan bermotor alat-alat berat/ besar guna mendukung potensi pendapatan daerah.

Yang dimaksud dengan ketentuan kendaraan bermotor alat – alat berat adalah semua kendaraan beroda beserta gandengannya yang digunakan di semua jalan darat dan digerakkan oleh peralatan teknik berupa motor atau peralatan lainnya yang berfungsi untuk mengubah sumber daya energi tertentu menjadi tenaga gerak bermotor, termasuk alat-alat berat dan alat-alat besar yang didalam pengoperasiannya menggunakan roda dan motor serta kendaraan bermotor yang dioperasikan di dalam air.

Jenis alat-alat berat dan besar antara lain ; bulldozer, back hoe, loader, forklift, excafator, crawler crane serta alat – alat besar sejenisnya. Adapun tarif pajak alat-alat berat ditetapkan sebesar 0,2 %, tarif BBNKB alat-alat berat penyerahan pertama sebesar 0,75% dan tarif BBNKB alat-alat berat penyerahan kedua dan seterusnya sebesar 0,075%. Tata cara pembayaran; pendataan wajib pajak, pendaftaran dan penetapan pembayaran dan penyerahan SKPD/dokumen. Keterangan lebih lanjut bisa menghubungi Kantor Samsat terdekat.

 

This entry was posted in News.