Suasana May Day Tanggal 1 Mei 2017 di Kawasan Industri Wijayakusuma

Suasana dalam Kawasan Industri Wijayakusuma tampak tenang (Foto : Jalan Tugu Industri Raya, Jalan Tugu Wijaya IV dan Jalan Tugu Industri I), hanya di pintu masuk (Foto : gate 1 KIW) suasananya agak ramai buruh/pekerja yang akan berdemo menuju ke Lapangan Trilomba Juang Semarang untuk menyampaikan aspirasinya. Pekerja yang berdemo berasal dari tempat lain/perusahaan diluar KIW yang berkumpul di pintu masuk KIW, dari Organisasi Pekerja Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN). Mereka berdemo dengan tertib dari rapi dan mereka juga berjanji menciptakan suasana kondusif, tidak anarkis.

Menurut Zaeni salah seorang pengurus KSPN Tambakaji Semarang Barat, mereka mengikuti demo tersebut bertujuan untuk mensukseskan agenda yang menjadi tuntutan KSPN Kota Semarang, Provinsi dan Nasional, yaitu mencabut PP Nomor 78 Tahun 2015, penghapusan sistem kontrak dan outsourcing, menuntut tegaknya norma-norma hukum bidang ketenagakerjaan, perbaikan sistem jaminan sosial dan melawan gugatan UMK 2017 yang dilakukan Apindo terhadap UMK Kota Semarang di PTUN Semarang.

Pihak keamanan dari kepolisian dan TNI yang berjumlah puluhan personil siap siaga untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. Mereka mengawal buruh yang berdemo sampai dengan keberangkatan, dan sebagian mengawal sampai tujuan, yaitu GOR Trilomba Juang Semarang.

Jpeg

Jpeg

Jpeg

Jpeg

This entry was posted in News.