Tes IVA dan SADANIS untuk karyawati dan istri karyawan PT KIW (Persero)

Senin, 30 Oktober 2017 PT KIW (Persero) salah satu BUMN di Semarang yang peduli terhadap kesehatan karyawan dan keluarganya bekerjasama dengan PKBI kota semarang mengadakan tes Inspeksi Visual Asam (IVA) dan pemeriksaan payudara klinis (SADANIS). Kegiatan tersebut sebagai tindaklanjut dari surat edaran Menteri Kesehatan No.HK.02.01/MENKES/401/2017 tentang deteksi dini kanker serviks dan payudara bulan oktober 2017. OKTOBER merupakan “Bulan Peduli Kanker Payudara” yang secara visual ditandai dengan “pink ribbon” (pita pink), lambang internasional untuk menunjukkan dukungan moral dan solidaritas terhadap wanita penderita kanker payudara. Warna pink sendiri secara global dianggap warna feminim, melambangkan kepedulian, kasih sayang, kecantikan, dan kebaikan.

Metode IVA dirancang untuk masyarakat yang jauh dari fasilitas kesehatan.Syarat mengikuti test IVA, antara lain : sudah menikah, tidak sedang datang bulan/haid , tidak sedang hamil, dan 48 jam sebelumnya tidak melakukan hubungan seksual. Wanita yang dianjurkan untuk tes IVA yaitu usia 30 – 50 tahun. Pemeriksaan IVA (Inpeksi Visual dengan Asam Asetat) adalah pemeriksaan servik dengan melihat langsung servik setelah memulas servik dengan larutan asam asetat 3 – 5 %. Bila setelah pulasan asam asetat 3 – 5 % ada perubahan warna, yaitu tampak bercak putih, maka kemungkinan ada kelainan tahap pra kanker.

Karena dilakukan berbarengan dengan IVA, maka Sadanis umumnya dilakukan setahun sekali. Kanker payudara sangat berbahaya dan harus diwaspadai sejak dini. Meskipun demikian, kanker payudara dapat dicegah dengan perilaku hidup sehat, rutin melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) yang dilakukan oleh setiap perempuan dan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS) oleh tenaga kesehatan terlatih.

This entry was posted in News.