VISI & MISI

PT Kawasan Industri Wijayakusuma (Persero) semula bernama PT Kawasan Industri Cilacap (Persero) didirikan dengan Akta nomor 10 tanggal 7 Oktober 1988 Notaris Soeleman Ardjasasmita, SH  yang berkedudukan di Kabupaten Cilacap dengan maksud dan tujuan menyediakan prasarana, melaksanakan pembangunan serta pengurusan, pengusahaan dan pengembangan serta melakukan kegiatan di bidang kawasan industri Cilacap di Cilacap dalam arti yang seluas-luasnya.

Jenis usaha PT Kawasan Industri Cilacap yang dijalankan adalah sebagai berikut :

  1. Pembebasan dan pematangan tanah untuk kapling industry
  2. Penyediaan kapling dan bangunan industry siap pakai
  3. Pengolahan dan perawatan industry
  4. Pelayanan jasa konsultasi , kecuali konsultasi hokum, jasa pembangunan , jasa pergudangan dan jasa pengawasan
  5. Kegiatan-kegiatan lain yang merupakan penunjang bagi kegiatan kawasan

Modal dasar adalah sebesar Rp. 15.000.000.000,- atau 15.000 lembar saham, yang terdiri dari saham prioritas 3.000 lembar dan saham biasa 12.000 lembar yang masing-masing bernilai Rp.1.000.000,-. Modal tersebur telah ditempatkan dan diambil bagian serta disetor penuh oleh para pendiri, yaitu :

  1. Negara Republik Indonesia sebesar Rp. 2.886.000.000,- (60%)
  2. Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp. 1.443.000.000,- (30%)
  3. Kabupaten Cilacap Rp. 481.000.000,- (10%)

Dalam perkembangannya PT Kawasan Industri Cilacap (Persero) memperluas usahanya di Semarang dan mengubah namanya menjadi PT Kawasan Industri Wijayakusuma (Persero) melalui Akta Nomor 33-34 Notaris Ny. Asmara Noer, SH.

VISI PT Kawasan Industri Wijayakusuma (Persero)Menjadi Pengembang Kawasan Industri yang Handal.

MISI PT Kawasan Industri Wijayakusuma (Persero) :

  • Meningkatkan kemampuan perusahaan sebagai pengembang kawasan industri yang profesional berorientasi pada permintaan pasar
  • Meningkatkan pengembangan kawasan industri di luar kawasan inti
  • Mendorong terbentuknya karakter perusahaan sebagai pengelola kawasan industri yang kompetitif.

Untuk mewujudkan Visi dan Misi Perusahaan Tata Nilai yang dianut oleh PT KIW (Persero) adalah :

  • Jujur  : Setiap karyawan dituntut berperilaku jujur dan menghindari tindakan curang dalam menjalankan tugas dan kewajibannya.
  • Komitmen : Setiap karyawan dituntut menjalankan tugas dan kewajibannya secara bertanggung jawab semata-mata untuk   kepentingan perusahaan.
  • Peduli : Setiap karyawan dituntut mempunyai rasa memiliki terhadap perusahaan, sehingga setiap barang-barang dan fasilitas milik perusahaan dijaga dan dirawat dengan sebaik-baiknya.
  • Fokus Pada Pelanggan : Setiap karyawan dituntut memiliki sikap melayani sehingga dalam setiap tindakannya selalu mengutamakan pelayanan terbaik kepada pelanggan.
  • Asah, Asih dan asuh : Setiap karyawan dituntut selalu mengembangkan kemampuannya, saling hormat menghormati antar karyawan baik dengan atasan, sederajad maupun dengan bawahan, menjaga kekompakan, & memberikan bimbingan, arahan & nasehat kepada karyawan lain.

LINGKUP KEGIATAN

  1.  Pembebasan dan pematangan tanah untuk kavling industri.
  2. Penyediaan bangunan gudang/pabrik siap pakaidan bangunan perkantoran untuk disewakan
  3. Pengelolaan dan perawatan kawasan industri
  4. Pelayanan jasa konsultasi bidang kawasan industri, jasa pembangunan, jasa pergudangan, dan jasa pengawasan bagi kawasan industri
  5. Kegiatan-kegiatan lain yang lazim dilakukan dalam pengelolaan kawasan industri dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

MAKSUD DAN TUJUAN

Melakukan usaha dibidang penyediaan sarana dan prasarana, pelaksanaan pembangunan serta pengurusan, pengusahaan dan pengembangan serta melakukan kegiatan di bidang usaha kawasan industri (industrial estate) untuk menghasilkan barang dan/atau jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat, untuk mengejar keuntungan guna meningkatkan nilai perusahaan dengan menerapkan prinsip-prinsip Perseroan Terbatas.

FUNGSI/MANFAAT

Memberikan manfaat bagi Pemerintah Daerah maupun Masyarakat sekitar PT KIW (Persero) :

1. Manfaat bagi Pemerintah Daerah

  1. Memberikan pendapatan dalam bentuk deviden
  2. Naiknya penerimaan PBB dan Pajak Lainnya
  3. Menyerap tenaga Kerja
  4. Naiknya Investasi
  5. Meningkatnya Pendapatan dan Restribusi Daerah

2. Manfaat bagi Masyarakat sekitar

  1. Meningkatnya ekonomi masyarakat Sekitar KIW
  2. Adanya Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) oleh Perusahaan
  3.  Meningkatnya Pembangunan Fisik  berupa fasilitas sarana dan prasarana yang secara langsung dapat dinikmati masyarakat