Whistle Blowing System (WBS) & Pengendalian Gratifikasi

Dalam rangka menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) dan untuk menciptakan Pejabat dan Karyawan PT KIW (Persero) yang bersih dan berwibawa, maka diterbitkan Surat Keputusan Direksi Nomor : 18/SK/D.KIW/2/2014 tentang kebijakan perusahaan yang mengatur tentang Whistle Blowing System (WBS) dan Nomor : 57/SK/D.KIW/11/2014 tentang Pengendalian Gratifikasi dan Pembentukan Unit Pengendali Gratifikasi (UPG).

WBS adalah system yang mengelola pengaduan/pengungkapan mengenai perilaku melawan hukum, perbuatan tidak etis/tidak semestinya secara rahasia, yang digunakan untuk mengoptimalkan peran serta Karyawan serta pihak yang berkepentingan dengan PT KIW (Persero) dan Mitra Bisnis dalam mengungkap pelanggaran yang terjadi di lingkungan PT KIW (Persero).

Disebut Pelapor, yaitu Karyawan/pihak yang berkepentingan serta mitra bisnis PT KIW (Persero) dan Stakeholder lainnya. Identitas pelapor dijamin kerahasiaannya oleh perusahaan dan perusahaan menjamin perlindungan terhadap pelapor dari segala bentuk ancaman, intimidasi, hukuman, ataupun tindakan tidak menyenangkan dari pihak manapun selama pelapor menjaga kasus yang diadukan kepada pihak manapun.

Tata cara pelaporan dengan membuat pengaduan/pengungkapan dan mengirimkannya ke Pengelola WBS melalui SMS ke Nomor HP : 082324953671 atau kirim email ke [email protected]

atau anda bisa mengisi form dibawah ini :

Nama Anda (wajib)

Email Anda (wajib)

Telepon

Pengaduan Anda

Gratifikasi adalah pemberian dalam arti luas yaitu uang, barang, rabat (discount), komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma, dan fasilitas lainnya, baik yang diterima dalam negeri, maupun luar negeri, yang dilakukan dengan menggunakan elektronik atau tanpa sarana elektronik.

Setiap pegawai PT KIW (Persero) wajib menolak gratifikasi yang dianggap suap yang diterima secara langsung, sedangkan apabila menerima gratifikasi secara tidak langsung, maka wajib melaporkan kepada tim Unit Pengendali Gratifikasi (UPG) PT KIW (Persero). Tim UPG terdiri dari Bagian SPI dan Bagian SDM.