21 Tahun Hadir Untuk Negeri

21 Tahun Hadir Untuk Negeri

13 April 2019 menjadi puncak acara Syukuruan Hari Ulang Tahun Kementerian BUMN yang ke 21. Acara yang digelar pada Sabtu, 13 April 2019 di Marina Convention Center ini melibatkan sekitar 30.000 (tiga puluh ribu) dari 56 insan perusahaan BUMN yang tersebar di seluruh Indonesia. Tidak hanya dimeriahkan oleh insan perusahan-perusahaan BUMN saja, Menteri BUMN RI, Rini M. Soemarno turut hadir beserta jajarannya untuk menambah semaraknya acara syukuran HUT BUMN yang ke 21.

Pada HUT kali ini, Kementerian BUMN mengangkat tema One Nation, One Vision, One Family to Excellence. Tema tersebut memiliki makna BUMN senantiasa memberikan kontribusi yang sebesar-besarnya untuk negeri, di samping terus mendorong dirinya untuk menjadi pemain tingkat regional.

Acara dibuka dengan senam bersama-sama, yang kemudian dibuka dengan sambutan Menteri BUMN. Dalam sambutannya, Menteri BUMN menyampaikan bahwa Berdasarkan data Kementerian BUMN, aset  dari keseluruhan BUMN dalam empat tahun terakhir atau sejak 2015 hingga 2018 mengalami pertumbuhan hingga rata-rata 12 persen. Hal ini tentu menjadi hal yang patut dibanggakan sekaligus menjadi bentuk kerja keras bersama (sinergi) yang dilakukan oleh BUMN.

Keseruan dimulai ketika seluruh peserta menyanyikan bersama lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Sinergi BUMN, yang membakar semangat. Semangat hadiri semakin dirasakan ketika Menteri BUMN memberikan penghargaan kepada karyawan-karyawan inspiratif dengan hadiah paket wisata religi. Tidak hanya itu, 21 Motor, 210 Sepeda dan ribuan voucher Link Aja juga telah disiapkan untuk peserta acara syukuran yang beruntung.

Tidak hanya menghibur seluruh insan BUMN yang hadir saja, dalam acara syukuran ini juga berhasil memecahkan tiga rekor muri sekaligus, diantaranya 1) rekor sajian nasi kuning terbanyak, yakni sejumlah 5.821 porsi; 2) pembuatan replika candi Borobudur terbesar. Replika tersebut disusun dari nasi kuning berukuran 6×6 meter dan tinggi 4,13 meter, yang juga dipotong langsung oleh Menteri BUMN dengan menggunakan mobil crane, dan yang terakhir 3) ransaksi terbanyak menggunakan QR Code. Yaitu sebanyak 35 ribu transaksi dalam waktu kurang dari lima jam.

Rekor terakhir dapat diraih karena seluruh peserta yang hadir menggunakan aplikasi Link Aja untuk bertransaksi. Transaksi dilakukan mulai dari registrasi hingga transaksi pembelian makanan dan minuman yang telah disediakan oleh mitra-mitra link aja yang terdiri dari BUMN-BUMN yang terlibat dalam acara syukuran HUT BUMN ini. Ratusan ribu makanan dan minuman disediakan untuk seluruh peserta acara ini. Di akhir acara, seluruh peserta dihibur oleh Janetta Janet  yang membuat suasana semangat erat dan hangat.

Pada momen ulang tahun BUMN kali ini seluruh insan perusahaan bersuka cita dan berkumpul bersama merasakan semangat Sinergi. Momen kali ini juga menjadi semangat dan titik awal BUMN untuk terus memberikan kontribusi bagi negeri dan masyarakat Indonesia melalui program-program BUMN. Selain itu, juga sebagai pemicu bagi insan BUMN untuk selalu menanamkan rasa cinta tanah air, Indonesia.