(024) 8662156

Tingkatkan Entrepreneur Skill Mitra Binaan Melalui Pelatihan Pengelolaan UMKM

UMKM6

Sabtu, 12 November 2022 bertempat di PT Kawasan Industri Wijayakusuma telah dilaksanakan kegiatan pelatihan berdasarkan program TJSL PT KIW tahun 2022 dalam pilar ekonomi TPB 8 (meningkatkan keterampilan). Kegiatan ini mengusung tema “Pelatihan Kepada Mitra Binaan dalam Pengelolaan UMK”.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan PT KIW Ibu Rochayati selaku Department Head General Affair sekaligus Ketua TJSL beserta team dengan peserta sebanyak 15 orang dari mitra binaan dengan berbagai macam profesi yang kebanyakan berasal dari perdagangan, barang dan jasa. Motivator yang hadir adalah bapak Supriyadi Trisno Saputro dari Sekolah Trainer dan Motivator Indonesia (STMI).

Penumbuhan jiwa kewirausahaan dalam masing-masing individu harus terus dikembangkan agar setiap individu dapat melakukan usaha yang tentunya dapat meningkatkan taraf hidup bagi dirinya sendiri, keluarga dan masyarakat. Wujud dari kepedulian PT KIW dalam pengembangan kewirausahaan adalah melalui program pendidikan dan pelatihan terhadap pelaku usaha mikro kecil.

Secara keseluruhan peserta dapat berpartisipasi dengan baik dengan tingkat kehadiran 100% dan juga sungguh-sungguh dalam menyimak materi yang disampaikan. Serta dapat memberikan pendapat dan pertanyaan selama jalannya pelatihan. Diharapkan pelatihan seperti ini dapat dilakukan secara berkala dengan materi yang terprogram dengan baik, sehingga dapat melengkapi pengetahuan, pemahaman dan juga keterampilan peserta.

Berdasarkan pelaksanaan pelatihan, tampak bahwa tingkat antusiasme peserta untuk mengikuti seluruh jalannya acara pelatihan dari mulai pembukaan hingga penutupan, terlihat sangat baik. Mereka tampak sungguh-sungguh menyimak penyampaian materi dengan baik. Juga cukup aktif untuk menanyakan materi yang dirasakan perlu pendalaman dan penjelasan tambahan, jika ditanya juga merespon dengan baik.

“Pelaku UMKM harus memahami 4 kunci utama sebagai wirausahawan, yaitu percaya diri, kompeten, terampil dan teguh,” terang Bapak Supriyadi kepada para peserta yang hadir.

Maksud dilakukannya pelatihan ini adalah untuk turut serta memotivasi dan meningkatkan kemampuan pelaku UMK di bidang manajemen usaha dan menambah wawasan dan pengetahuan peserta mengenai beberapa strategi yang bisa dilakukan pelaku UMK dalam pengembangan usahanya, menumbuhkembangkan semangat berusaha dalam upaya peningkatan kesejahteraan ekonomi dan pengentasan kemiskinan, meningkatkan semangat, komitmen, apresiasi dan kesadaran masyarakat dalam berusaha, sehingga mampu meningkatkan perekonomian dan taraf hidup masyarakat, terwujudnya peningkatan dan pengembangan semangat dan perilaku kewirausahaan, meningkatkan keterampilan dan kemampuan berusaha serta penumbuhan wirausaha baru, terwujudnya wirausaha baru yang mampu memanfaatkan peluang dan potensi diri, terwujudnya wirausaha baru yang mampu meningkatkan kualitas dan volume usaha, Meningkatkan upaya dalam rangka memantapkan arah kebijakan penumbuhan wirausaha baru sebagai produk unggulan daerah.

Related Posts