(024) 8662156

Membuka Peluang Bagi Masyarakat dan Menyediakan Tenaga yang Terampil untuk Pengusaha Melalui Pelatihan Menjahit

JAHIT4

Semarang, 27 Oktober 2022 bertempat di Kelurahan Randugarut, tim TJSL melaksanakan penutupan pelatihan menjahit setelah selama 20 hari peserta pelatihan menjahit mendapatkan tutor dari Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Bina Mulia di ruang kerja kantor kelurahan Randugarut.

Acara penutupan dihadiri oleh Ketua LPK Bina Mulya Bapak Jauhari, Kasie Kesejahteraan Sosial Kelurahan Randugarut Bapak Yuhri, S.H, Ibu Puri dari perwakilan PT Apparel One Indonesia, dan tim TJSL dari PT KIW. Ibu Puri menjelaskan bahwa tujuan dan manfaat dari program pelatihan menjahit yang diberikan KIW ini selain memberikan dan meningkatkan skill menjahit, juga untuk memberikan kesempatan bagi peserta dengan skill yang memenuhi kualifikasi untuk dapat bekerja di PT AOI. Pak Jauhari menambahkan, bahwa selain skill menjahit yang terus ditingkatkan, masing-masing peserta juga harus mempersiapkan mental bekerja yang kuat.

Salah satu tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menciptakan lapangan kerja baru yang selanjutnya akan dapat menggerakan sektor ekonomi yang lain. Untuk poin menjahit di sini nantinya akan terbagi ke dalam 3 bagian yaitu; tata busana, garmen dan merajut.

Memberdayakan masyarakat adalah upaya memperkuat unsur-unsur keberdayaan itu untuk meningkatkan harkat dan martabat lapisan masyarkat yang berada dalam kondisi tidak mampu dengan mengandalkan kekuatannya sendiri sehingga dapat keluar dari perangkap kemiskinan dan keterbelakangan, atau proses memampukan dan memandirikan masyarakat.

Pemberdayaan yang dimaksud serangkaian kegiatan untuk memperkuat dan atau mengoptimalkan keberdayaan (dalam arti kemampuan atau lifeskill) kelompok lemah dalam masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan hari Kamis tanggal 13 Oktober 2022, dimulai pukul 08.00 WIB yang bertempat di Balai Kelurahan Randugarut. Acara ini turut dihadiri oleh warga masyarakat sekitar mulai dari area RT sampai dengan RW.

Kegiatan Pembinaan Keterampilan Menjahit ini perlu dipupuk dan dilestarikan sehingga para pemuda pemudi, ibu rumah tangga ataupun tenaga kerja, khususnya di Kelompok Kelurahan Randugarut dapat menjadi generasiย  yang tangguh dan tanggap dalam menghadapi tantangan hidup di masa mendatang.Dukungan sarana dan prasarana lainnya sangat membantu dalam pelaksanaan kegiatan Pembinaan Ketrampilan Menjahit ini sehingga dapat tercapai dengan baik dan lancar.

Pelatihan menjahit yang dilaksanakan oleh LPK Bina Mulia merupakan kegiatan yang dirancang untuk mengembangkan sumber daya manusia melalui rangkaian kegiatan identifikasi, pengkajian serta proses belajar yang terencana. Hal ini dilakukan melalui upaya untuk membantu mengembangkan kemampuan yang diperlukan agar dapat melaksanakan tugas, baik sekarang maupun di masa yang akan datang.

Ini berati bahwa pelatihan dapat dijadikan sebagai sarana yang berfungsi untuk memperbaiki masalah terkait kinerja, efektivitas, efesiensi, produktivitas dan kreatifitas masing masing orang secara personal. Pelatihan juga merupakan upaya pembelajaran yang diselenggarakan oleh organisasi baik pemerintah, maupun lembaga swadaya masyarakat ataupun perusahaan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan organisasi dan mencapai tujuan organisasi.

Berbagai upaya telah ditempuh oleh pemerintah dalam rangka penyelesaian permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia sekarang ini yaitu krisis multi dimensi yang datang silih berganti serta pengangguran dan kemiskinan, yang salah satu penyebab utamanya adalah rendahnya mutu sumber daya manusia.

Ini juga merupakan salah satu upaya dari tim TJSL PT KIW yang bekerjasama dengan LPK Bina Mulia untuk meningkatkan kemampuan hardskill dengan melaksanakan program pelatihan menjahit, yang mudah-mudahan akan sangat berdampak terhadap peningkatan sumber daya manusia yang semakin berkualitas.

Karena mutu sumber daya manusia yang dihasilkan dari pendidikan formal pada kenyatannya belum dapat diterima dengan baik oleh dunia kerja karena tingkat pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja kompetensi yang dimiliki belum memenuhi syarat sebagaimana kriteria yang diterapkan di perusahaan.

Tim TJSL PT KIW meyakini jika dengan diadakannya program pelatihan kemasyarakatan ini akan mampu dan menghasilkan tenaga kerja menjadi lebih kompeten sehingga nantinya para peserta pelatihan akan mudah diterima oleh perusahaan karena setelah mereka mengikuti pelatihan di Lembaga Pelatihan Kerja, mereka telah memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan mitra kerja yang didukung pencapaian kurikulum berbasis kompetensi yang disusun secara bersama antara lembaga pelatihan dan perusahaan sesuai standar yang ditetapkan.

Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kerjasama PT KIW dan LPK Bina Mulia yang saling bersinergi dalam penyelesaian permasalahan bangsa dan negara utaanya dalam peningkatan mutu sumber daya manusia sehingga dapat menurunkan tingkat pengangguran dan kemiskinan, serta salah satu upaya dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

Related Posts