Scroll Top

Perkuat Fungsi Dewan Komisaris dalam Penerapan GCG PT KIW

GCG1

Hari ini, Senin, 06 Februari 2023 bertempat di Kantor PT KIW, telah diselenggarakan acara wawancara bersama Dewan Komisaris PT KIW atas Pelaksanaan Assessment GCG Tahun 2022 yang dilakukan oleh BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Dewan Komisaris PT KIW, yaitu Komisaris Utama, Komisaris dan Komisaris Independen beserta Satgas GCG hadir untuk memenuhi wawancara dari BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Tengah.

Satgas GCG dari BPKP Perwakilan Provinsi Jateng, diketuai oleh Ibu Nofilia Tri Indriyani bersama Tim dengan Penanggung Jawab Bapak Robertus Hanung Habsoro serta Pengendali Teknis Bapak Agus Dwiprijarto menyampaikan beberapa pertanyaan kepada Dewan Komisaris PT KIW terkait fungsi organ Dekom terhadap PT KIW.

Menurut konsep GCG perusahaan akan memperoleh nilai perusahaan yang maksimal apabila fungsi dan tugas masing-masing pelaku organisasi bisnis yang modern dapat dipisahkan dengan bentuk: (1) Board of Directors (BOD), dengan syarat mereka bekerja full time dengan tidak boleh merangkap pekerjaan. Mereka mengelola perusahaan melalui berbagai keputusan managerial perusahaan. (2) Board of Commisionners (BOC), meliputi komisaris biasa dan komisaris independen serta berbagai komite yang dibentuknya. Fungsi utama BOC adalah mengawasi arah kepengurusan dan jalannya perusahaan menurut prinsip GCG. Agar fungsi dan tugas Dewan Komisaris (Dekom) berjalan dengan baik, perlu dipastikan bahwa setiap kebijakan dan keputusan Dekom yang dikeluarkan tidak memihak kepentingan BOD sebagai agent, atau bias dengan kepentingan pemilik.

Dewan Komisaris dalam fungsinya sebagai pengawas juga turut memperhatikan lima prinsip GCG yaitu transparency (keterbukaan informasi), accountability (akuntabilitas), responsibility (pertanggungjawaban), independensy (kemandirian), dan fairness (kesetaraan dan kewajaran), sehingga fungsinya GCG dalam Perusahaan dapat mewujudkan tata Kelola yang baik berdasar pada Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

————————————————–
PT KAWASAN INDUSTRI WIJAYAKUSUMA
Jalan Semarang-Kendal Km 12, Semarang, Jawa Tengah
Call Center :
Marketing : 081211118022
WBS : 081211118021
Telp : (024) 8662156
Fax : (024) 8661476
Email : go_kiw@kiw.co.id
Website : www.kiw.co.id
————————————————–

Related Posts